Informasi Lengkap Jalur Pendakian Gunung Sindoro Via Kledung dari Tangerang



Bagi kalian yang mempunyai hobi mendaki gunung pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Sindoro, atau mungkin Gunung Sindoro saat ini jadi salah satu rencana pendakian kalian selanjutnya ? kalau benar begitu kalian wajib baca artikel ini.

Gunung Sindoro adalah Gunung yang terletak diantara Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Temanggung Provinsi Jawa Tengah. Gunung Sindoro memiliki ketinggian 3.153 Mdpl dan merupakan Gunung Volcano yang masih aktif sampai saat ini dengan keunikan Puncaknya yang datar.

Untuk mendaki gunung sindoro tentu sama seperti gunung yang lainya, yang utama yang perlu kalian persiapkan adalah kondisi fisik yang baik dan perlengkapan pendakian yang lengkap, jangan pernah meremehkan alam adalah pola pikir yang harus kita tanamkan selalu dalam setiap Petualangan. Cek disini apa saja yang wajib kalian persiapkan sebelum menyesal seumur hidup karena meremehkan hal yang dianggap kecil.

Pendakian kali ini saya mulai dari Kabupaten Tangerang tepatnya di Terminal Poris, Pendakian kali ini pun saya lakukan sendiri tanpa teman rumah, kerjaan atau kampus, awalnya tidak gampang memang dan selalu banyak pertimbangan, tapi dengan selalu berpikir positif dan yakin akan diri kita sendiri InsyaAllah semuanya berjalan dengan baik dan bahagia :) .

Tulisan saya kali ini bukan untuk menyarankan kalian mendaki sendiri yah, alangkah lebih baiknya selalu ajak teman yang terbaik untuk mendaki  bersama, bukan juga untuk menyombongkan diri, tapi tentang Rasa rindu yang sudah terlalu besar akan kedamaian yang selalu Alam berikan melalui semua Keagungan Ciptaan-Nya, mungkin kalian juga nanti akan merasakan rasa yang sama atau mungkin kalian juga sama :) .

Untuk kalian yang dari Tangerang dan sekitarnya bisa mulai perjalanan menggunakan Bis di terminal Poris Tangerang atau agen bus sekitar tempat tinggal kalian dengan Tujuan Terminal Mendolo Wonosobo, biasanya jadwal pemberangkatan terakhir jam 5 sore, usahan gunakan bis yang sudah terjamin integritas dan pelayanannya, untuk hargaya pun berkisar dari Rp. 80.000 - 220.000 tergantung jenis Bis nya.
Terminal Mendolo Wonosobo Tampak Depan
Sampai di terminal Mendolo Wonosobo sekitar jam 5 Pagi, tergantung dari kondisi jalanan mungkin bisa lebih lambat lagi atau lebih cepat. Sesampainya diterminal Mendolo Wonosobo kalian bisa sarapan atau mandi terlebih dahulu dan tentu lengkapi Logistik, tepat di depan terminal ada Minimarket.

Jangan lupa bagi kalian yang terburu-buru bisa langsung membeli tiket diterminal untuk arah pulangnya, karena biasanya tiket keburu habis atau seengganya saat kita akan pulang nanti tidak perlu cape-cape lagi ngantri beli tiket.

Setelah semua keperluan sudah disiapkan kalian bisa melanjutkan perjalanan ke Desa Kledung menggunakan Bis Elf kurang lebih 1 jam perjalanan dan turun langsung didepan Basecamp Pendakian Gunung Sindoro Desa Kledung, Ongkosnya sekitar Rp. 20.000 / orang.

Basecamp Desa Kledung
Untuk bisa mengurus simaksi kalian harus berkelompok minimal 3 orang dan bagi pendaki solo seperti saya wajib PDKT dengan kelompok pendaki lainnya agar bisa menumpang Simaksi.

Dari Basecamp Kledung ke Pos 1 kita akan melewati Perkampungan dan ladang warga Desa Kledung dengan jalur makadam, bisa dicapai kurang lebih satu jam berjalan kaki, tapi bagi kalian yang mau mempersingkat waktu atau yang kekenyangan sehabis makan bisa menggunakan jasa Ojeg dari Basecamp sampai Pos 1 sekitar 10 menit dengan ongkos berkisar Rp. 20.000 - 30.000 /orang, pinter-pinter nawar aja, sensasi naik ojeg nya pun sangat amat luar biasa kalian wajib coba.

Pos 1
Pos 1 merupakan lahan yang cukup luas ada warung dan pangkalan ojeg disana, jadi bagi kalian yang belum sempat isi perut dibasecamp bisa disini. Kebanyakan para pendaki ke gunung Sindoro selalu menggunakan jasa ojeg dari basecamp sampe pos 1 baik saat naik maupun turun, karena selain memangkas banyak waktu juga kalian bisa ngerasain sensasi ngebut dimotor tapi duduknya di depan abang ojeg 😂, katanya sih biar ga jumping motornya pas lagi nanjak, tapi kalo yang naik cewek, menang banyak juga tuh kang ojeg 😌.

Jalur Ke Pos 2
Dari Pos 1 ke Pos 2 ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan kembali lagi tergantung fisik masing-masing. di Pos 2 area cukup luas, tepat di depannya terlihat megah Gunung Sumbing.

Pos 2

Dipos 2 kita bisa beristirahat sebelum melanjutkan pendakian karena track selanjutnya akan lebih menanjak dari sebelumnya, usahakan atur ritme kaki agar tidak terlalu cepat lelah.


Jalur ke Pos Batu Longko

Area Batu Longko
Dari Pos 2 ke Area Batu Longko ditempuh kurang lebih 1 jam perjalanan normal, kembali lagi tergantung fisik masing-masing, karena tracknya semakin menanjak dan berbatu. di area batu longko tidak terlalu luas dan tidak ada shelternya.

Jalur menuju Pos 3
Dari Pos 2 ke Pos 3, pendakian ke Gunung Sindoro baru benar-benar dimulai. Jangan berharap treknya masih sedikit santai seperti di jalur sebelumnya.

Tingkat kemiringan sudah makin meninggi dan kondisi jalanan yang berbatu akan semakin menguras energi.

Belum lagi, Jarak dari Pos 2 ke Pos 3 terhitung jauh sehingga akan sangat menguras tenaga mengingat kondisi jalan memang makin sulit.

Pos 3
Pos 3 merupakan pos yang cukup luas, yang biasa digunkana oleh para pendaki Gunung Sindoro mendirikan tenda, selain tempatnya yang luas Pos 3 juga ada beberapa warung, jadi sangat cocok bagi kalian yang sudah tidak sanggup lagi melanjutkan ke Sunrise Camp.

Jalur ke Sunrise Camp
Dari Pos 3 ke Sunrise camp tracknya masih terus menanjak, kurang lebih tracking 40 menit sudah sampai di Sunrise Camp.
Sunrise Camp
Sunrise camp merupakan batas para pendaki Gunung Sindoro mendirikan Tenda, disini areanya cukup luas dan tentu View nya sangat indah bisa langsung menyaksikan sunrise dipagi hari, atau menikmati sunset disore hari dengan background Gunung Sumbing. jadi sangat dianjurkan mendirikan tenda disini.

View Sunset di Sunrise Camp


Biasanya tracking ke Puncak jam 4 pagi, tapi balik lagi tergantung fisik masing-masing, dari sunrise camp dilanjutkan ke Pos Batu Tatah. 

Perjalanan menuju Pos 4 Area Batu Tatah Gunung Sindoro jauh lebih susah dari pendakian pos ke pos sebelumnya. Jalanan makin terjal dan bebatuan yang harus dilewati semakin luas.

Namun di sepanjang perjalanan, bila kamu memutuskan untuk summit attack saat subuh, pemandangan yang bisa kalian nikmati begitu indah. Sumbing di belakang seakan mengawasi dan menemani pendakianmu menuju Puncak Gunung Sindoro.
Jalur Menuju Pos Batu Tatah
View dijalur ke Pos Batu Tatah
Pos Batu Tatah

View di Pos Batu Tatah sangat keren dengan background Gunung Sumbing yang sangat gagah, dan dibelakangnya berjejer Gunung Merbabu. Namun, jangan terlalu lama berhenti di Pos 4 karena tempatnya begitu terbuka. Tak jauh dari Batu Tatah, jalur pendakian yang begitu miring harus terus dilewati.

Kamu pun dipaksa untuk melewati “6 Tanjakan Penyesalan” yang super PHP. Aku pribadi mengira bahwa puncak hanya tinggal setanjak lagi, ternyata masih ada beberapa tanjakan lagi yang begitu curam yang harus didaki sebelum mencapai puncak.

Jalur ke Puncak
Jalur Ke Puncak


Jalur Ke Puncak
Sekitar 1 Jam Tracking dari Pos Batu Tatah dan melewati track yang sangat menguras tenaga, rasa lelah semuanya akan terbayar oleh View yang luar biasa dipuncak.


Puncak Gunung Sindoro
Puncak Sindoro

Diusahakan di Puncak jangan terlalu lama, karena selain suhu nya cukup dingin walaupun matahari sangat Panas juga bau belerang yang sangat menyengat.

Semoga ke Indahan Gunung Sindoro tetap terjaga dan Abadi.
Previous
Next Post »