Jalur Terbaik Pendakian Gunung Gede Via Gunung Putri

Sunrise Puncak Gunung Gede
Sudah banyak diketahui bagi kalangan pendaki, untuk mendaki Gunung Gede bisa ditempuh melalui beberapa jalur pendakian, yaitu : Via Cibodas, Via Salabintana dan Via Gunung Putri. Namun bagi para pendaki pemula atau hanya ingin sekedar merasakan sensasi naik gunung, pasti bertanya-tanya "jalur mana yang paling singkat dan mudah untuk mendaki Gunung Gede ?".

Alun-alun Surya Kencana
Masing-masing jalur mempunyai kelebihan dan kekurangannya, tergantung dari kita ingin memilih yang mana, tapi bagi pemula atau yang hanya ingin sekedar merasakan sensasi mendaki gunung, Jalur Gunung Putri lah yang terbaik. Banyak para pendaki pemula yang salah memilih jalur untuk mendaki Gunung Gede dan mereka mayoritas mendaki melalui jalur Cibodas, mungkin karena jalur Cibodas lah yang paling sering disebutkan dan lebih terkenal untuk mendaki Gunung Gede. Padahal baik jarak tempuh maupun track yang dilalui melalui jalur Cibodas cukup sulit, terutama bagi para pendaki pemula.

Backpacker Kepulau tercantik di Kepulauan Seribu

Mengapa via Gunung putri terbaik bagi para pendaki pemula ? ini alasannya :
  1. Jarak yang ditempuh dari basecamp Gunung Putri ke Surya Kencana (pos terakhir sebelum puncak) sekitar 6 jam perjalanan normal, beda dengan Cibodas bisa 10 jam perjalanan bagi pendaki pemula. 
  2. Track yang dilalui cenderung stabil dan tidak melewati jalur terjal atau jurang, beda dengan Cibodas melewati jalur air panas yang terjal, licin dan tanjakan setan yang sangat curam.
  3. Dari Surya kencana ke Puncak Gunung Gede dapat ditempuh hanya setengah jam perjalanan normal, sedangkan via Cibodas bila camp di Kandang Badak (camping terdekat) bisa mencapai 3 jam perjalanan bagi pemula untuk sampai ke Puncak Gunung Gede.
  4. Tempat mendirkan tenda di Surya Kencana sangat luas, kita bisa bebas memilih tempat sesuka hati, beda dengan via Cibodas bila camp di Kandang Badak tempatnya sangat terbatas.
Jadi jalur mana yang akan kalian pilih untuk mendak Gunung Gede ?

Background Gunung Pangrango



Previous
Next Post »